Setiap orang pasti tidak ingin terjadi perceraian. Tapi Anda juga tidak bisa mengontrol masalah apa saja yang akan datang dan menguji pernikahan yang sudah berjalan. Kadang perceraian menjadi pilihan terakhir jika keduanya sudah tidak bisa disatukan lagi. Memang ada banyak sekali faktor penyebab perceraian dan tidak bisa disebabkan oleh satu faktor saja.

Semua penyebab itu menjadi satu dan pada akhirnya memaksa hubungan pernikahan harus diakhiri untuk bisa menyelesaikan masalah tersebut.

Faktor Penyebab Perceraian

1. Tidak Setia

Penyebab utama perceraian yang paling sering terjadi adalah pasangan yang tidak setia. Banyak yang pada akhirnya menyerah karena terlalu sakit hati setelah pasangan selingkuh. Semua yang Anda lakukan kepada pasangan jika sudah diselingkuhi maka akan terasa sia-sia.

Meski sebenarnya perceraian tidak akan secara otomatis mengobati sakit hati karena perselingkuhan. Tapi paling tidak dengan cara tersebut, mereka yang bercerai bisa mengurangi risiko rasa sakit lebih berkepanjangan lagi.

2. Pertengkaran Berkepanjangan

Kemudian penyebab perceraian selanjutnya adalah konflik antara dua pasangan yang tidak kunjung diselesaikan. Sebenarnya pertengkaran memang hampir selalu terjadi di dalam kehidupan rumah tangga. Anda pasti juga pernah mendengar ungkapan pertengkaran adalah bumbu dalam rumah tangga.

Tapi jika pertengkaran itu berkepanjangan tanpa ada jalan keluar, pada akhirnya justru akan menyebabkan perceraian. Karena setiap orang pasti ingin hidup nyaman, aman dan tentram tanpa adanya pertengkaran yang berlarut-larut.

3. Kritikan Terus Menerus

Ketika pasangan terus merasa mendapatkan kritikan yang terus menerus seolah-olah selalu bertindak salah, maka pasti akan meledak dan menimbulkan pertengkaran. Kritikan itu tidak salah sama sekali. Tapi Anda harus bisa menyampaikan kritikan tersebut dengan cara yang berbeda agar dapat diterima oleh pasangan.

Anda bisa menyampaikannya secara lembut tanpa nada yang menyalahkan. Bisa juga kritikan berupa saran agar pasangan bisa lebih menerima.

4. Beda Prinsip

Pernikahan itu adalah menyatukan dua prinsip dari suami dan istri. Keduanya akan selalu diwajibkan menerima prinsip apa saja yang dipegang dan menjalankannya dalam bahtera rumah tangga. Sering juga ada pasangan yang tidak mau menerima prinsip salah satu pihak dan sama-sama keras kepala.

Disaat sama-sama keras kepala, maka akhirnya menimbulkan pertengkaran. Jika berlarut-larut juga bisa menyebabkan kandasnya pernikahan. Kuncinya adalah saling menerima prinsip dan jika ada salah satu pihak yang tidak menerima, maka pihak satunya juga harus berlapang dada tidak keras kepala.

5. Tidak Terbuka

Penyebab utama perceraian yang lainnya adalah hubungan pernikahan tidak terbuka. Arti dari terbuka disini adalah saling menceritakan ketika ada masalah dan tidak dipendam sendirian. Dengan saling berbagi masalah rumah tangga maka pernikahan akan lebih harmonis.

Ketika pernikahan cenderung tertutup dan tidak saling menceritakan masalah, bisa saja keduanya akan merasa hidup sendiri. Sehingga bisa memicu terjadinya perceraian. Masalah yang harus selalu dibahas pasangan suami istri adalah seperti masalah keuangan. Jujurlah bagaimana kondisi keuangan agar bisa diselesaikan bersama-sama.

6. Jarang Menghabiskan Waktu Bersama

Kunci dari pernikahan yang harmonis adalah selalu menyempatkan waktu untuk berdua. Sesibuk apapun, usahakan Anda bisa menghabiskan waktu berdua bisa dengan cara liburan atau sekedar ngobrol sambil minum teh hangat. Percakapan yang intens akan kembali menghubungkan ikatan emosional Anda dengan pasangan.

Banyak sekali kasus perceraian para artis disebabkan oleh jarang menghabiskan waktu untuk berdua. Meski sudah mapan secara ekonomi, tapi kebutuhan batin akan tetap selalu diperlukan bagaimanapun kondisinya.

Setelah Anda tahu 6 penyebab perceraian, usahakan selalu menghindarinya. Lakukan peninjauan terhadap pernikahan Anda. Agar semua kesalahan-kesalahan yang membuat rasa tidak nyaman bisa diatasi lebih cepat tanpa terjadi perceraian.

6 Faktor Penyebab Perceraian paling Sering Terjadi
error: Content is protected !!